Tuesday, December 23, 2014

Berisik!



Katanya kemaren hari ibu yah, tahu pas liat timeline twitter. Tadinya pengen gue retweet. Tapi gak jadi. Males, ah. Kalo jadi pun paling cuma pengen sok-sok an kalo gue notice itu hari apa. Pengen dilihat orang kalo gue up to date. Gak bikin gue pergi ke kuburan terus berdoa buat si mama. Terus ya udah, tgl 22 Desember berlalu begitu saja, gak ada yang spesial.

Sampai satu percakapan bikin gue terhisap bukan balik lagi ke tgl 22, tapi ke saat di mana gue masih bisa denger mama gue ketawa ngakak, nangis sesegukan, marah treak-treak. Gue rindu. 

Saat terakhir gue lihat mama itu di teras rumah, dia natep gue lekat sampe amang tukang ojek membawa gue pergi. 

Temen gue yang udah orphan (juga) bilang dia smaleman sedih, nangis ampe tidur larut. Dia inget mamanya. 

Dan gue yang tadinya biasa aja sama hari ibu jadi langsung ngerasain sakitnya, dia bilang ga tahan lihat medsos tgl 22. Isinya tetiba banjir berlelehan poto bareng emak. Lagu nasional hari itu berubah jadi lagu Bunda – Potret. Dia sirik. Gue juga jadi ikutan. 

Sama aja sih, kayak lo upload poto lagi belanja di Myong dong pas yang lain sibuk kerja ga bisa ambil cuti. Check in makan di resto mahal bareng pacar pas ada yang baru putus. Sama-sama bikin sirik. Bedanya, kalo kangen ibu yaa cuma gak bisa diobatin dengan punya mama baru atau minjem mama orang aja. Sayang seorang ibu tuh, gak terganti, men.

Bukan salah orang-orang yang posting dong, mereka kan cuma pengen banggain ibunya. Pengen berbagi cinta kasih anak-ibu ke temen-temennya. Apapun modus mereka, intinya tentang ibu. Kalian punya representasi dan makna masing-masing. 

Gue nulis ini sekedar curhat aja, no offense. 

Jadi inget celoteh si kecil Rosy di film We Bought A Zoo, “Their happy is too loud”

Kadang kita ga nyadar, kebahagiaan kita ternyata membawa rasa sakit bagi yang lain.
That’s why, syukur itu ada. Biar kamu gak lupa tanah, pas lagi lihat pelangi.


No comments:

Post a Comment