Wednesday, June 29, 2016

Review Merk Tespek dan Harganya



Pengalaman pertama beli tespek tuh buat penganten baru menurut aku seru banget! Penasaran sekaligus dagdigdug. Bulan kedua pernikahan, kami memutuskan buat nyoba beli tespek. Masih iseng-iseng tapi ngarep gitu looh, maklum kami emang ga ada rencana nunda. Pengen langsung jadi ayahibu/papamami/babaambu. 

1. Sensitif Compact

Akhirnya sore itu suami pulang kerja dengan oleh-oleh tespek merk Sensitif digital. Karena baru pertama, jadi pengen yang terbaik, ceritanya. Makanya nanya sama embak apoteknya jg “yang paling bagus ini kan?” sambil megang Sensitif digital yang harganya sekitar Rp.32.000.
Sampe rumah dia ampe bilang kalau ini bisa dipake berkali-kali. “wow hebat banget!” aku sih amazed aja, dan ikut percaya, mungkin karena digital kali yah jadi bisa berkali-kali. Trus dia bilang lagi kalo bisa dipake kapan aja. Akhirnya cus, malem itu jg aku langsung pake.
Google


PENASARAN!!!

Gitu aja sih yang ada di pikiran aku makanya langsung tancap gas malem2. Yang digital ini cara pakainya cukup praktis, langsung ngerti sekali baca panduannya. Ga usah pake penampung urin jg, tinggal dikucurin pas kita buang air kecil. Hasilnya skitar 10-15 dtik di panduan sih bermenit gt, tp dalam hitungan detik udah ketahuan kok hasilnya. Dan ... jeng jeng ... masih satu garis. Nyata.
Hufff... yaudahlah. Beluuuum. Sabaaar. Baru sekali nyoba.
Di situ deh baru sadar kalo tespek tuh mau digital mau non digital ya Cuma bisa skali pake. Wkwkwk.
Makanya ini pengalaman pertama dan terakhir beli tespek digital, setelahnya beralih ke tespek biasa yang lebih murah jg sih. 


2. Akurat 

Aku inget banget bungkus tespek yang ini, warnanya gradasi kuning oren trus ada gambar kupu-kupu bersayap gede. Ngingetin sama obat puyer. Tadinya ga tertarik beli karena bungkusnya tapi coba aja dulu deh, toh setelah baca-baca online semua tespek sama aja. Berhubung Akurat tespek paling murah di apotek itu Rp. 6.000 yauda langsung hajar beli. Kami beli tespek lagi di bulan ke tiga pernikahan tentunya, soalnya bulan kedua udah gagal.

Google

Kali ini, sebelum pake, aku banyak gugling soal cara pemakaian tespek. Dan ternyata disarankan dipakai di pagi hari. Pas bangun tidur, pas pipis pertama keluar hari itu. Jadi kadar Hcg nya lagi tinggi-tingginya (kalo emang lg hamil). 

GAK SABARAN!

Pagi itu juga aku buka bungkusnya dan baca panduannya, beda banget sama yang digital. Liat bentuknya aja aku udah heran. Ini beneran tespek? Makenya gimana? Ada garis biru di bawah sama di atas dibatasi garis putih panjang. Baca panduannya bikin aku kebingungan. Dia bilang robek bagian alumunium foil, hemm... sebelah mana yang musti aku robek?
Akhirnya dengan sok tahu aku robek bagian bawah garis biru yang ada tulisan ‘Maks’. Terus masalah kedua muncul, ini katanya urin kita musti ditampung baru celupin tespeknya. Emang bakal susah kalo langsung dikucurin ke urin sih, soalnya bentuknya pendek dan tipis rapuh.

NAMPUNGNYA DI MANA?

Setelah muter2in perkakas yang ada di kosan, aku milih tutup toples yang udah gak kepake. Dan pas dicelupin bentuk tespeknya udah gak jelas karena udah aku robek bagian maks nya. GAGAL TOTAL dehh. Sempet ada warna pink di bagian putihnya tapi abis itu pudar dan hilang. Gak jelas banget. Tespeknya udah aku rusak.
Ternyata yang musti aku robek itu plastik pembungkusnya, ALUMUNIUM FOIL dong. Ya emang sih mungkin bahannya itu, tapi kan bikin bingung. Yaudah lah, aku langsung males beli merk Akurat lagi.


     3. Onemed

Tiga hari kemudian, aku dengan hopeless nya beli tespek lagi. Itu tanggalnya udah deket-deket hari Haid, karena haid aku teratur tiap bulan jd udah punya perkiraan aku bakal haid tanggal berapa bulan ini dan berikutnya. Ditambah mulai kerasa gejala PMS yang udah langganan. Kayak muncul jerawat, pegel pinggang, dada berasa sakit dan membesar, sensitif pula dikit2 bisa nangis karena alesan gak jelas.
Kali ini aku beli di apotek deket kosan, dan yang paling super murah. Onemed Rp. 3.000. eh tapi merk tespek ini udah gak asing soalnya pernah liat temen posting tespek positif di Instagramnya dan merknya gak lain adalah Onemed. Btw, Ini bacanya apa sih aku enakan onemed dibanding wanmed. Haha. 

PERFECT TIMING
Setelah nunggu malem berganti pagi, akhirnya aku bisa buka itu Onemed. Udah kayak nunggu buka puasa. Musti ditahan-tahan dulu demi dapet waktu terbaik. Nah, yang ini panduannya gak ada nyuruh robek robekan. Jelas, singkat, padat. Aku tinggal pake tutup toples sebelumnya sebagai penampung dan celupin alatnya. Jadi maksud tanda maks yang aku robek sebelumnya itu adalah tanda batas urin dicelupkan jangan melebihi tanda itu. 

Yuhuuu am the test pack expert rasanya kalo udah tiga kali percobaan gini.

HASILNYA?

Dalam hitungan detik sih Cuma satu garis doang, garis indikatornya. Merah, tegas. Udah nunggu satu menitan eh mulai muncul garis kedua. Tapi kok, samar2 gini yaaa? Mau seneng jadi nanggung. Aku mulai cemas.
Tambah cemas waktu baca artikel yang bilang, hasil tespek dua garis tapi samar itu bisa berarti dua; beneran hamil atau mau haid. NAH LOH!

(pribadi) masih samar ampe gak keliatan dipoto

4. Sensitif

Setelah diskusi sama suami yang masih tenang-tenang aja, beda sama aku yang udah kayak kebakaran jenggot merlin. Nanya sana sini, gugling ini itu. Suami Cuma nyaranin “yauda beli tespek lagi aja, tapi yang bagus, Sensitif. Jangan yang murah”

Hemmm... seminggu kemudian aku beraniin beli tespek lagi. Dengan perasaan excited-nya masih sama seperti pertama kali beli. Gak tau yah, beli tespek ke apotek pas udah nikah sah dan nunggu dedek bayik tuh bikin aku lega sekaligus seneng. Alhamdulillah, aku perlu tespeknya pas udah nikah. Bilang ke embak apoteknya jg lempeng aja kan ga perlu risau atau malu. 

Kenapa musti nunggu seminggu jaraknya?

Soalnya kata temen yang udah pengalaman, garis samar itu mungkin karena aku terlalu dini tesnya. Jadi coba sabar nunggu seminggu lagi atau sampe telat haid. Aku nurut deh apa kata suami, beli merk Sensitif yang biasa hargnya Rp. 21.000. mayan juga yaah. Kalo udah tahu ada yang murah harga segitu.
Oia, suami jg nyaranin belinya dua jangan satu. Biar nanti mau tes lagi karena kurang puas hasilnya gampang. Ga usah bolak balik. Bener juga yah. Suami aku emang pinter, kadang.

Google


Bungkus Sensitif ini emang berasa beda walaupun non digital tapi karena sama-sama mahal, jadi berasa ekslusifnya. Haha padahal mungkin biasa aja. Aku tersugesti mahalnya aja kali. Tp emang bener sampe ada kuis berhadiahnya dan buku catatan kecil gt. Duh aku lupa apa isinya saking fokus sama tesnya.
Setelah aku coba lagi ..... 

HASILNYA TETAP SAMA. SAMAR.

Tapi .... tingkat kemerahan warnanya meningkat. Agak jelas gitu. Walo tetep sih blom tegas.

    5. Pregcy

Untung aku beli dua kan. Satu lagi merk Pregcy. Aku suka desainnya trkesan meyakinkan dan gak murahan. Padahal harganya Rp.11.000/Rp.15.000. pas liat dalemnya jg aku seneng bgt soalnya ada tempat penampungnya. Jadi kaga usah ribet nyari. Coba kalo dari awal belinya ini yah gak usah ngorbanin tutup toples. Wkwk



Aku nyoba pake Pregcy ini gak lama deh dari Sensitif paling beda sehari. Tapi HASILNYA ....
POSITIF! DUA GARIS MERAH TEGAS!

musti sabar nunggu garis keduanya muncul


Akhirnya ... alhamdulillah. Aku gak berasa di php in lagi. dan ternyata ... ciri-ciri hamil itu mirip sama PMS. >_<

Tinggal cek ke bidan atau dokter kandungan deh. 

Dari banyak beli tespek ini aku belajar bahwa usaha dan kesabaran itu pada akhirnya gak akan mengecewakan kita. Good luck ya buat smua calon ibu yang lagi dagdigdug di sana.


24 comments:

  1. saya ngakak disini, "Bener juga yah. Suami aku emang pinter, kadang."
    wkwkwkwkw..
    Thanks yak.. Cari referensi mau beliin buat istri nih.. :)

    ReplyDelete
  2. Akuu juga galau antara mau dites skrg ato enggk blm telat haid soalnya �� tapi suami uda nyuruh tes...soalnya ada tanda tanda dua garis.

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah lucu sekali artikelnya.. Tp sangat bermanfaat untuk yang lagi dagdigdug seperti saya juga.. Makasihh

    ReplyDelete
  4. aku udah telat 5 hari udah ngebet pengen beli test pack tp takut terlalu dini test nya. trs bingung merk yg bagus apa. Thanks ya mba referensinya

    ReplyDelete
  5. Hi, pas garis samar km testpack nya H- berapa? Soalnya aku baru 2 mingguan selesai haid bln kmrn.. Udah beberapa hari PD nyeri, perut ga nyaman gt, trs ada mual dikit, pinggang punggung pun nyeri & nyium bau aneh lgsg enek.. Ga berani TP krn terlalu dini.. Makasi atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kaya aku mba. pas periksa ke bidan baru penebalan dinding rahim aja katanya, belum ada kantung janinnya. masih fifty". di tes pake onemed juga masih positif.

      Delete
    2. Hi, duh aku lupa tepatnya. tapi kalo gak salah kurang dari seminggu. masama good luck ya :)

      Delete
  6. Lucuuuu emg yak klo pengalaman pertama πŸ™ˆπŸ™ˆ..
    Sy pun norak pas pakai TP 1x..
    Kmrn iseng pakai sensitif yg digital itu h-2 siklus haid, hasilnya ada samar2 tp kurang jelas.. krn iseng jadi gak dpikirin..



    Akhrnya saya tahab2 sampai Stelat 4 hari dr siklus mens, kemarin pakai merk sensitif tp yg biasa, hasilny sama ada 1 garis samar.. tp masih lebih jelas dibanding sebelumny..

    Smpet beli akurat, bsk pagi baru mw dicoba.. tp ide utk beli banyak spy bisa test berkali2 bakalan saya terapin sepertnya... πŸ™ˆπŸ™ˆ
    Terimakasih infony Kak πŸ˜„πŸ˜„

    ReplyDelete
  7. Hahahha thanks sharingnya kak, aku lagi kepo banget soalnya. mau mampir apotik masih mikir takut belom positif tapi udah kemahalan beli TP nya :D. Hari ini deh cari yg Pregcy.

    ReplyDelete
  8. Aku mau coba sensitif juga ah ,

    ReplyDelete
  9. Aku uda telat beberapa hari mau beli tp takut terlalu dini.
    Bulan kemarin gtu soalnya.
    Jd kecewa bgt sama hasilnya.
    Rencana mau beli hr ini, tp sedikit dak dik duk dgn hasilnya nanti.
    Mommy" my minta doanya ya. Semoga hasilnya sesuai dgn harapan. Amin.

    ReplyDelete
  10. Belum waktu haid...tpi udah banyak tanda2nya..tapi takut kaya sblmnya..udh telat 10hari padahal..tpi negatif...kan kecewa bnget

    ReplyDelete
  11. Saya juga lg galau ni udh telat haid 2 minggu tapi di onemed hsilnya samar..jd bingung..persis sama suamiku pertama nikah langsung dibeliin yg digital

    ReplyDelete
  12. Hehehehe jdi pngen bli bnyak krna udh pkai 3x dlm jrak seminggu sekali hsil nya msih negatif,emg KB kmarin 4 thun trus brhnti KB dan selama 4 thun itu gk mens tpi masih penasaran udh isi blm ya..😁😁😁

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum. Mba, aku pernah pake Akurat. Garisnya satu tegas, satunya lagi samar (tapi ngga jelas gitu). 😭


    Kalau pake sensitif, agak pricey sih. Tapi aku mau coba yang pregcy ah. Makasih infonya ya mba. Btw haid udh telat lebih dari sebulan -_-

    ReplyDelete
  14. Bingung banget..😒 tanggal 10 kemarin harusnya saya haid tp sampai tanggal 15 sekarang blm jga haid.. sempet TP ps tanggal 10 kmrin karna pinggang, perut bawah ,punggung sakitnya luarbiasa... Di coba lah pake Tp merk akurat.. saya ga terlalu merhatiin brpa menit nya.. tp setelah bbrpa menit Tp hanya garis 1 karna ga terlalu teliti liat nya, selang 1 hari/ 2 hari saya penasaran sama Tp nya saya liat lagi ada garis 2 tapi samaarr bgt hampir ga nampak,, pas aku senter pake blits gtu garisnya nampak tp ga timbull,sampai hari ini saya bingung mau seneng apa sedih

    ReplyDelete
  15. Mau di TP lagi tkt kecewa akutuuu

    ReplyDelete
  16. hai kak ada yg prnah ngalamin ga,aku Tp pake onemed 2 garis yg satunya samar,aku pake 2 TP dan hasilnya sama,3 hari kmudian pake TP andalan malah negatf,g mna ya jd bingung😭

    ReplyDelete