Wednesday, June 11, 2014

FLORES



Beberapa waktu lalu aku ngobrol sama seorang teman kampus. Setiap mendengar ceritanya dia selalu membawa sesuatu yang baru, entah itu pandangan baru terhadap sesuatu, sikap dia tentang hal apa, pengalaman buruk dia, misi dia dalam waktu dekat atau cerita tempat baru mana yang sudah dia kunjungi. Semua itu selalu menghibur, menginspirasi dan memotivasi. Dia sendiri yang bilang kalo motivator paling nyata dalam hidup kita adalah orang-orang di depan mata kita sendiri (tiap hari ketemu dan belajar bareng) Kalo jaman kuliah dia nyontohin tuh lihat mizi udah ke Thailand student exchange, maher udah travelling ke luar negeri meski dia cewek dan sendiri. Orang-orang seperti itulah yang mendorong kita untuk bisa melihat ke depan, berusaha mulai berlari bersama yang lain. 

Sebelum mulai cerita dia sempet melontar pertanyaan:
“li, kenapa kamu gak ngambil S2?, terus jadi dosen di UIN”
“emang aku cocok jadi dosen?”
“cocok tauk, kenapa gak nyoba?”
“gak pernah kepikir aja aku jadi dosen”.
Udah sampe situ aja, tapi bikin aku mikir sampe sekarang.

Lanjutlah dia cerita soal Flores. Dia bilang abis jenguk adik-adik disana. Yang uda pernah ke flores atau pernah liat liputan tentang alam flores pasti ngiler pengen kesana juga. Pengen nikmatin laut pink nya, hiking ke wae rebo, belajar kearifan lokal labuan bajo, liat komodo-komodo berkeliaran bebas. Hemmmm flores sucha heaven. Sejak liat itu di acara jalan-jalan men flores resmi jadi salah satu destinasi travelingku!.
Tapi sebagaimana pepatah tak ada gading yang tak retak, ternyata Flores menyimpan sisi kelam. Temen aku itu balik lagi ke Flores bukan hanya untuk menikmati keperawanan alamnya tapi juga pengen bantu anak-anak SD disana untuk bisa lulus sekolah dan lanjut sampe perguruan tinggi. Mulia banget kan misinya. Ternyata adik-adik yang dia kunjungin itu adalah siswa2 kelas 6 SD yang kmaren baru berses ujian nasional. Dan satu kelas cuma isi 5 orang. 

Well, penduduk sana gak mementingkan pendidikan. Kepala rumah tangganya lebih pengen kalo para anak ikut mereka melaut, “buat apa sekolah? Bupati sudah ada, presiden sudah ada” begitu katanya. Parah banget kan, siapa coba bupati dan presiden masa depan kalo setiap orang tua mendoktrin anak2 nya untuk berpikir seperti itu. Tapi kita juga gak bisa sepenuhnya menyalahkan mereka mengingat pendidikan di indonesia timur adalah hal langka.

Nah disini lah temen aku ngambil sikap untuk bisa bantu mereka, meraih masa depan yang gilang gemilang. Bahkan dia niat biayain mereka kuliah di Bandung asal ambil jurusan kelautan atau apapun yang bisa berguna buat alam Flores nantinya. See? The real motivator is in the house yo!.

Kenapa nggak kita juga ambil bagian buat bantuin mereka?, yah kalo gak bisa semalaikat temen aku itu kita bisa kok nyumbang buku buat anak2 Flores. Contohnya di Wae rebo tuh udah ada perpustakaan dan yang dateng kesana emang bagusnya sambil bawa buku buat disumbangin.

Jadi, traveling tuh gak cuma mikirin oleh-oleh apa yang bisa kita bawa pulang dari sana tapi juga berpikir apa yang bisa kita lakukan untuk tempat yang baru kita pijaki tersebut. Kalo jalan-jalannya ke negara maju ya minimal jangan bawa-bawa budaya jelek orang indonesia kesanalah, kaya susah antri jam karet dan buang sampah dimana aja. Bisa tertib kannn...




2 comments: