Saturday, June 21, 2014

Healthy Life Healthy Heart

Setelah tema global warming ngehits, sekarang giliran tema hidup sehat yang menjamur ke sluruh kalangan. Yap, buku-buku yang bahas gaya hidup sehat bertebaran, olahraga kaum urban juga mulai menjamur kaya thai boxing, TRX, yoga, zumba dan lainnya. Pemicunya apa ya kira-kira?, kalo ditelisik lebih dalem sih, wajar aja kita harus udah mulai menerapkan gaya hidup sehat dalam keseharian, orang sekarang makanan yang kita konsumsi dan aktifitas yang dijalani itu pasti mostly unhealty.

Lihat aja tayangan investigasi, yang isinya melulu soal makanan yg terbuat dari olahan busuk, berpengawet dan blablabla hal menjijikan lainnya. Kalo udah lihat tayangan kaya gitu rasanya makan apa-apa jadi serba salah, buah dan sayur juga kena pengaruh buruk pedagang yang curang. Ckckck udah bener-bener gak sehat.

Gak heran kan banyak penyakit yang namanya aneh-aneh bermunculan, H1N1 trus kmaren wabah MERS juga muncul gak cuma menyerang orang dewasa tapi juga muda-mudi dan anak-anak. Tapi tenang, don’t be panic. Sekarang media massa udah banyak dan sering bahas soal kiat-kiat bagaimana kita harus menjalani pola hidup sehat agar masa depan cerah. Selain TV , koran dan majalah, sekarang setiap portal berita online pasti menyelipkan area yang khusus bahas tentang kesehatan.

Dari sekian banyak nasehat kesehatan, yang baru bisa aku terapkan adalah:

STOP minum minuman botol berpemanis buatan/bersoda. Kalo aus dan pengen yang seger kan masih bisa beli air putih dingin. Kalo masih maksa pengen yang ada rasanya aku sih lebih milih beli buah tapiii kalo masih maruk pengen yang cair mending nyari pocari sweat, UC 1000, asal gak milih merk merk berkadar gula tinggi sebaiknya hindari juga yang berwarna. Intinya aku udah bisa nahan diri dengan milih air putih aja deh. Lebih bagus lagi yang gak dingin. Inget, tubuh kita butuh air putih yang gak cuma air putih yang banyak tapi juga air putih berkualitas. Kalo belum ngerti tentang air berkualitas baca aja bukunya Hiromi Shinya: Revolusi Makan.

Olahraga. Aku sempetin seminggu sekali. Kalo lagi males, sebulan musti ada dua kali jogging. Tiap hari biasain gerak. Mau itu jalan kaki, mau itu naek turun tangga, pokoknya gerakin badan. Kalo yang kerjanya delapan jam dihabiskan dengan duduk, pas istirahat manfaatin lah buat jalan keluar kantor cari makan sendiri panas-panasan biarin dah daripada manjain badan yang lama-lama jadi lemes dan rapuh.

Kurangin makan mie instan. Ini masih agak susah sih apalagi buat anak kostan kaya aku. tapi untungnya aku punya batas bosen makan mie instan. Ada saat saat aku mual dan enek liat ato ngirup wangi mie, jadinya ya dijauhin. Sejauh ini aku baru bisa ngasih limit jangan lebih dari 3x seminggu. Next harus bisa improve.

Rajin makan buah dan sayur. Kalo makan di warteg sayur tu jadi menu wajib, kalo di resto ato cafe ya cari menu yang masih bersayur jangan isinya daging melulu. Jadiin buah tuh salah satu menu cemilan kamu dikamar. Jangan maunya yang asin, pedes atau manis aja.

Tidur yang cukup. Tidur tuh salah satu momen yang ditunggu-tunggu banget. Nemu kasur tuh udah kaya nemu pacar. Ahiy. Sekali nemplok gak bisa dilepas, dah. Setiap orang kayanya punya jam minimal tidur masing-masing. Ada tipe short sleeper yang dua jam tidur juga cukup, aku sih minimal 7 jam kalo dikasih 6 jam atau kurang pasti minta nambah. Mata gak bisa bohong, men.

Hiburan. Nah ini juga jadi salah satu pola hidup sehat jangan sampe dalam seminggu tuh kita mikirin kerjaan mulu. Bawaannya ngerutin kening, atau galau patah hati ampe nangis sesek dada. Kita juga musti ada sesi ketawa lepas bebasin semua beban. Hip hip hurayy.

Nah dari semua yang udah aku praktekin tetep gak ada yang bisa ngalahin kesehatan hati kita. Inget dong pepatah “tubuh yang sehat berasal dari jiwa yang sehat”.. Karna percuma broh, bayar mahal-mahal buat ikut kelas olahraga tapi hati kita masih busuk dan kotor karena pikiran negatif. Yuk belajar ikhlas, jauhin iri dengki, aktifin lagi hormon syukur kita, lebih dekat lagi sama tuhan, giatin ibadahnya.

Selamat berpuasa ramadhan, semoga berkah.
\O/

1 comment:

  1. Tamat baca Revolusi Makan-nya Hiromi, tapi tak ada niat mempraktikannya sama sekali. Aku takuuuuutt..

    ReplyDelete