Monday, February 12, 2018

5 Hal Sederhana Pengusir Rasa Bosan Ibu Rumah Tangga

Bosan adalah penyakit akut yang pasti menjangkiti setiap pekerjaan, tidak hanya ibu rumah tangga. Pekerjaan lain mungkin masih bisa cuti ketika bosan muncul. Tapi, karena seorang ibu begitu spesial, dia tidak ada waktu untuk cuti. Pasti inginnya para ibu ada jeda sejenak, bisa santai-santai seperti zaman gadis dulu sebelum kembali bergelut dengan setumpuk kegiatan sehari-hari yang tidak pernah selesai itu.

Berikut cara untuk menyiasati agar para ibu bisa tetap waras menggunakan akal sehatnya, dan tidak terjerumus ke lembah penat tiada tara:

  • Main ke Tetangga


Untuk ibu muda, pasti kegiatan ini masih terasa asing dan membuat canggung. Bagaimana memulainya? Golongan ibu muda biasanya hanya main dengan teman seangkatan di kampus, teman kerja dulu, teman satu organisasi, dan jenis teman lainnya tanpa pernah melibatkan tetangga. Yang malas main dengan tetangga karena punya anggapan, mereka cuma tukang gosip, apa betul sudah pernah membuktikannya secara langsung?

Kalau memang dapat tetangga seperti itu, coba datang dulu ke kumpulan RT, atau pengajian mingguan di masjid terdekat. Dari sana kita bisa memilah mana yang cocok untuk dijadikan teman saling berkunjung di kala penat.

Biasanya, bayi dan balita akan senang jika ada yang mengajaknya bermain. Apalagi jika si bayi sedang aktif-aktifnya. Daripada kita kerepotan sendiri di rumah, apa salahnya main ke rumah tetangga yang sama-sama punya anak kecil. Anak Anda senang ada teman main, Anda pun jadi punya teman baru untuk berbagi cerita.

  • Berteman dengan Buku


Pasti terasa kan, jadi seorang ibu itu dituntut untuk serba tahu, serba bisa. Sementara waktu kita terbatas. Tapi, bukan berarti tidak punya waktu sama sekali untuk belajar. Membaca buku jadi sarana belajar ibu rumah tangga yang paling efektif karena waktunya fleksibel. Jika tidak terbiasa membaca, bisa cari buku yang kita senangi dulu seperti novel, komik, majalah, lalu yang berhubungan dengan kegiatan kita sehari-hari. Buku-buku parenting, kesehatan, resep masak, gizi, psikologi, self-improvement jadi pilihan untuk masuk daftar bacaan di rumah. Anda juga bisa mulai berlangganan majalah khusus ibu dan anak.

  • Membuat Blog


Ini seperti membuat catatan harian, tidak perlu serius memikirkan mau menulis apa. Anda bisa memulainya dengan hal paling menarik yang terjadi minggu ini. Misal, jalan-jalan ke tempat baru, setelah anak tertidur dan suami bekerja bisa langsung menulis ulasannya. Atau pengalaman menghadapi anak sakit, cara mengawetkan makanan tertentu, apa pun bisa jadi bahan tulisan. Setelah selesai, jangan lupa berbagi link blog Anda di media sosial yang Anda punya. Dan saat tahu ada orang lain yang merespon tulisan kita, menulis blog menjadi sangat menyenangkan. 

  • Gabung dalam Grup di Media Sosial


Para ibu rumah tangga dikumpulkan dalam satu wadah dengan latar belakang berbeda, tapi punya masalah yang sama, yaitu masalah rumah tangga. Mereka akan saling melakukan tanya-jawab, memberikan guyonan, berbagi tautan bermanfaat, dan semua berhubungan dengan masalah kita sehari-hari. Kita tidak akan pernah merasa sendirian.

Semakin banyak anggotanya, semakin banyak topik yang dibahas setiap harinya, dan banyak pula yang akan memberikan saran atau solusi masalah kita, kegiatan ini dapat mengusir rasa kesepian para ibu di rumah.

  • Belanja Bersama si Kecil


Jika biasanya Anda menunggu akhir pekan agar bisa berbelanja bersama suami. Kenapa tidak berbelanja bersama si Kecil saat Anda sedang merasa jenuh di rumah. Agar tidak terlalu melelahkan pilih yang jaraknya dekat. Mungkin membayangkan bagaimana repotnya mengajak anak sekaligus membawa belanjaan yang banyak sudah membuat Anda mengalah dan memutuskan untuk menunggu sampai suami bisa mengantar. Tapi, sekarang zaman taksi online, masalah kerepotan membawa belanjaan sendirian bisa diatasi. Anda juga tidak perlu khawatir si Kecil tidak nyaman diajak turun naik angkutan umum.

Menghirup udara segar di luar rumah, bertemu suasana baru, apalagi bisa memilih-milih makanan dan barang-barang yang Anda butuhkan di rumah akan sangat membantu untuk melupakan urusan rumah tangga.

Selain 5 hal tersebut, ingat, Anda mempunyai buah hati yang sedang lucu-lucunya di rumah. Meski melelahkan, senyum si Kecil akan selalu menjadi obat pengusir bosan paling ampuh dan paling cepat efeknya. Bermainlah dengannya sepenuh hati, karena Anda adalah seorang ibu. Semesta bagi buah hati Anda.



No comments:

Post a Comment