Saturday, November 4, 2017

Bikin Akta Lahir & Paspor bayi di Kota Bandung: Part 2, Hilang Buku Nikah



Hari itu pun tiba. Saya sudah siapkan dokumen pendukung dari jauh hari. Dan baru tahu kalau buku nikah hilang saat beresin dokumen yang musti dibawa ke disdukcapil. HAPAAAH??? BUKU NIKAH HILANG?!

Iya, itu nitemare banget. Rasanya ingin ubek-ubek lemari, kardus-kardus, laci-laci lagi dan lagi makanin isinya kalo perlu sampai ketemu tuh buku sakral. Tapi nihil. Ingin datengin satu per satu tempat potocopian yang penah kami datangi in case ketinggalan di sana. Tapi saya tak berdaya. Masa musti keliling Padasuka, Antapani, Cibiru, naik Gojek bareng Kai yang masih 6 bulan. Suami pun tak kuasa kalo musti bolos kerja. Akhirnya kami menyerah. Pasrah dengan hanya melampirkan potokopian buku nikah. Harapan gak ditanyain yang aslinya. Harusnya sih nggak karena lihat persyaatan yang dibutuhkan hanya potocopi buku nikah.

Berangkat lah saya ke disdukcapil ditemani Kai, naik Gocar apa Grab. Dua taksi online andalan. Di mobil masih enjoy and happy, Kai sambil makan ubi ungu drivernya baik hati. Tak ada firasat buruk. Sampai sana rame banget. Banyak yang antre duduk di luar, di dalem juga padet. Ada juga yang masih belum terinformasi soal daftar antrean via sms. Karena bawa bayik saya bisa langsung nunggu di dalam. No antreannya juga gak telalu jauh. Kalo gak salah nunggu 14 an nomer. 

Nuggu gak begitu lama sambil gendong Kai saya udah dipanggil petugas. Mungkin memprioritaskan yang bawa bayi. Begitu duduk dia periksa semua dokumen, hati berdebar dan tibalah pada pertanyaan ... buku nikah aslinya dibawa?

JENG!

Nggak, kenapa Pak?
Ini potokopiannya ada yang kurang, harusnya sampe halaman terakhir yang ada tanda tangannya.
.....
Atau cari-cari lagi Bu, di tas siapa tahu ada.
Nggak ada, Pak ...
Duh gimana ya ... ibu rumahnya deket gak?
Jauh, di Cinunuk.
Atau minta  sodara emailin aja?
Kalo nyusul gimana Pak?
Bisa sih, tapi musti cepet ya Bu yah. Besok langsung ke sini lagi.
Kalo gak bisa besok?
Senin, lah. Nanti Ibu gak usah antre langsung ke saya aja lagi.

Lemes, nahan nangis, tapi musti kuat dan tegar selain karena banyak orang saya juga gak boleh lemah depan Kai. Akhirnya hari itu saya ngerasa cuma abisin uang 100 ribu buat bolak balik rumah-disdukcapil naik taksi online. Niat hati ingin sempetin jalan-jalan dulu karena udah di kota. Ini boro-boro mikirin jalan-jalan, hati limbung. Suami pun yang denger cerita saya sedang rapat di Jakarta tak bisa apa-apa, menahan kesal di ubun-ubun. Tak bisa konsentrasi.   

Dengan amat berat hati, suami harus berangkat ke Bogor sepulang dari Jakarta. Ngurus duplikat buku nikah. Gak ada waktu nunda gak ada waktu nyari. Aslik, berat banget. Gak bisa ngurus di Bandung karena kami nikah di Bogor di rumah orangtua saya. Untungnya ada saudara yang kerja di kecamatan, jadi dipermudah meski saya tidak datang. Harusnya suami-istri datang ke KUA tempat nikah terdaftar. Jadi, tanda tangan saya diwakilkan suami. Langsung hari itu juga jadi. Bayar 300 ribu. Cukup mahal saya pikir. Entah itu uang untuk administrasi atau untuk memperlancar prosesnya aja, biar cepet. Yaudah lah, gak ada waktu debat.

Seninnya saya langsung ke disdukcapil lagi. Done! Nunggu selesai 7-10 hari kerja. Lama yaaak? Dikira 3 hari beres macem paspor. Ini berarti memperpendek waktu untuk kami membuat paspor. Tadinya udah hitung-hitung punya waktu dua minggu lebih tapi jadi seminggu ajaaaa. Oh Noooo.

Enaknya kalo ambil akta yang udah beres itu bisa diwakilkan. Jadi saya minta tolong adik ipar.
Lega akhirnya akta lahir Kai udah di tangan. Tapi cemas mikirin cuma ada waktu seminggu lagi buat paspo.

The end of part two-
Leasond learned: jangan jorok naro barang, BRUH!

No comments:

Post a Comment