Saturday, November 4, 2017

Bikin Akta Lahir & Paspor bayi di Kota Bandung: Last Part, Paspor Kilat



Selasa subuh, suami bela-belain datang lebih pagi ke kantor imigrasi sukarno hatta (karena katanya antrean di sana lebih manusiawi) demi dapat nomor antrean awal. Bisa selesai setengah hari itu jadi  siangnya tetap bisa masuk kantor. Pusing belum sarapan, lelah Jakarta-Bogor-Bandung pp dalam tiga hari terakhir. Maju terus.

Gak lama setelah sampai sana, suami nelpon bilang kalau sekarang udah gak ada sistem walk in. Semua sudah terintegrasi secara online. Dengan kata lain, kudu wajib daftar antrean online! Pas suami cobain daftar online di sana, keluar tanggal belasan september. Tiada lain adalah tanggal kami sudah pulang dari SG. Hati kami kacau.

Saya tak keruan di rumah. Sambil gendong-gendong Kai, nyoba buat tenang. Make sure ke teman, jawabannya malah bikin miris. Dia bikin paspor bulan Juni 2017 belum ada dua bulan lalu masih bisa walk in. Dan blog yang saya baca Januari 2017 juga masih bisa walk in. Gak puas, saya telpon kantor imigrasi Suci, dan mereka bilang aturan harus daftar online itu baru dilaksanakan awal Juli. Alamak banyak kali rintangannya. 

Saya sempat hopeless. Gak ada jalan lagi. Udah buntu. Terpaksa suami harus ke SG sendirian. Tiket saya hangus. Bye SG. Mungkin bukan saatnya buat kami bareng-bareng ke luar negeri. Sabar.
Tapi, entah kenapa keras kepala saya gak bisa diredam. Saya gak mau kalah sama keadaan. Masih mikirin jalan keluarnya. Langsung screening nomor kontak yang sekiranya bisa bantu masalah saya. Ngasih solusi. Dan baru ingat kalau saya punya teman yang kerja  di travel agent. Dari dialah saya dapat informasi tentang paspor kilat. What? Iya sehari jadi. Super duper wusssh!

Setelah kontakan sama bapak si ahli bikin paspor kilat, saya mulai gamang. Kok mahal banget ya ... 1,5 juta. Hemmm... padahal kalo sesuai jalur bayarnya 350 ribu. Suami pun akhirnya mengiyakan. Dia rela bayar segitu demi Kai dan saya bisa ikut. Kok seberjuang ini kami ya ... mungkin karena mikir kapan lagi? Belum tentu ada kesempatan lagi.

Besokannya tanpa basa basi saya dan Kai berangkat ke kantor imigrasi Suci via jalur khusus. Sampai sekarang saya masih bertanya-tanya ini legal gak sih? Termasuk nyuap dong yah? KKN dong ya? Tapi ternyata saya gak sendiri. Di kantor imigrasi, ada juga yang pakai jalur seperti saya. Dan yang saya dengar sih, si ibu ini mau umroh. Hemm.... perlu investigasi gak sih?
Begitulah, sampai akhirnya paspor Kai selesai. Saya inget banget beresnya cuma sehari. 1 September 2017, bertepatan idul adha. Beres sih semua dokumen menuju SG, tapi kok hati saya belum lega yah. mungkin karena takut ada rintangan selanjutnya di depan mata. 

But, anyway Kamis, 7 September 2017 akhirnya kami terbang menuju Changi. 

The end 

Lesson learned: modal ingin aja gak cukup, musti nambah nekad dan keras kepala.

No comments:

Post a Comment