Saturday, November 4, 2017

Bikin Akta Lahir & Paspor bayi di Kota Bandung: Part 1, Telat Info Disduk Keliling



Membuat paspor Kai emang udah jadi rencana kami berdua, pokoknya setelah akta lahir Kai selesai jangan nunda2 bikin paspor. Karena belum ada rencana ke luar negeri dalam waktu dekat, jadi kami juga masih santai aja ngikutin flow aktanya beres dulu. Waktu itu masih nunggu jadwal ke disdukcapil bulan Agustus. Which is 2 bulan antrean setelah kirim sms bulan Juni usia Kai 4 bulan. Yang udah pernah ngurus pasti ngerti sekarang cara bikin akta lahir atau ktp baru itu musti kirim sms ke disdukcapil dulu. Yang belum pernah gugling aja dulu.

Gak pernah kebayang ternyata dalam penantian dua bulan itu, yang awalnya gak jadi beban nunggu tanggal  10 Agustus, tetiba kami jadi was was resah dan ngeri sendiri. Saya sih persisnya yang merasa seperti itu, suami mah masih santai aja. Kelihatannya. Gegara suami dapet kabar mendadak kalo dinasnya ke Beijing akhir agustus di switch jadi dinas ke singapore bulan September, awal. Suami gak pikir panjang langsung ingin ajak saya dan Kai ikut ke sana. Yang emang tadinya adalah plan A kami untuk jadi destinasi honeymoon. So, kami punya waktu satu satu bulan kurang dari akta lahir sampai paspor beres. Kalau mulus sih pasti bisa!  

Kami masih berusaha tenang dan berpikir positif semua akan berjalan tepat waktu, paspor Kai masih bisa beres sebelum tanggal keberangkatan kami ke SG. Karena berdasar pengalaman bikin paspor dua tahun lalu (daftar antrean online) dan cerita temen yang baru bikin paspor akhir Juni kemarin (walk in) prosesnya 3 hari kerja dari wawancara sampai paspornya jadi. Amaaan. Kupikir.

Mulai gak nyaman waktu suami nyoba daftar antrean online, semua tanggal full booked sampe akhir tahun! Hmmmmmm. Akhirnya saya yang nyoba daftarin beberapa hari setelahnya. Dan masih fuuuuullll. Gondok. Sampe suami nyoba lagi hasilnya masih sama. Akhirnya nyoba jalan terakhir: WALK IN! Nyari blog orang yang pengalaman walk in ngurus paspor bayi/anak di bandung dengan cara walk in. Nemu dan bikin saya lega. Karena katanya walopun musti dateng sesubuh mungkin, jam 6 pagi at least udah mejeng di kantor imigrasi, antrean paspor bayi bisa lebih cepet beres karena diprioritaskan. Gak lupa saya cek tanggal posting blognya, Januari 2017. Belum kadaluarsa kan yaaak?

Sip, urusan paspor sampe situ dulu. Saya fokus sama akta lahirnya lagi. karena penasaran nungguin tanggal 10 Agustus dateng, berasa lama banget. Saya cek lah akun resmi disdukcapil di twitter, daaaaaan saya merasa nyesek. Mereka ada jadwal disduk keliling sehari beres bikin akta lahir bisa ditungguin tanpa sms tanpa nunggu 2 bulan! Alangkah indahnya dunia lalala, tapi itu hanya mimpi karena saya cek twitter pas tanggalnya udah lewat seminggu. Wassalam. Mending gak usah tau sekalian.
Musti sabar dan legowo, jalan dapet akta lahir ya musti datang langsung ke kantor disdukcapil.  

The end of part one-

Lesson learned! Tak boleh lengah di zaman medsos.

No comments:

Post a Comment