Sunday, September 22, 2013

Jika Keyboard Laptopmu Tak Berfungsi

Disuatu sore yang normal, aku nyalain laptop dengan normal nonton lanjutan Appa Oediga secara normal.
Keanehan mulai terjadi saat menekan tombol space buat pause; nggak bisa. Teken enter buat memperlebar layar KMP; nggak bisa. Teken panah kiri buat ngulang adegan sebelumnya; nggak bisa. Well, it’s okay aku masih bisa pakai mouse.
Bosen. 

Aku mau nulis aja. Lagi semangat ngeblog. Udah ada daftar tema tulisan juga yang musti dieksekusi. Taraaa.... tombol keyboardnya gak berfungsi DONG! ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUPWXYZ kertas di word tetep putih. Baru nyadar ternyata keanehan tadi berasal dari tombol-tombol keyboard yang gak berfungsi. Ini mulai serius.

LAGI, keyboard laptop nggak bisa dipake. TIDAK BERFUNGSI. Okay, aku panik. Tapi masih bisa mikirin solusinya hal pertama yang aku lakukan adalah restart dan tetep gak bisa. Aku matiin laptop, tunggu beberapa menit, semenit, beberapa detik lebih tepat karena gak sabar terus nyalain lagi. chajjannn.. tetep gak bisa. Deuhh!

Aku minta tolong temen tanya mbah gugel. Solusi yang ditawarkan si mbah ternyata hampir seragam, buka satu persatu tombol keyboard bersihkan dengan kuas atau lap intinya bersihkan dari debu-debu yang menempel. Mulai kepikiran ini laptop emang udah lama gak aku perhatikan kebersihannya.
Akhirnya aku nurut sama si mbah, niatnya nyoba copotin satu dulu itu tombol laptop. 50% gak yakin bisa dicopot 50% penasaran dalemnya kaya gimana. Setelah copot dengan kekuatan cukup terkendali, ternyata emang banyak debu. Rrrrrr, aku bersihin pake kuas. Tapi pas mau dipasang lagi o ow ! aku gak ngerti cara masanginnya lagi. Kebegoan aku beraksi, aku cabut tombol yang lain berharap dapat ide gimana cara masanginnya dan tombol kedua pun dengan lancar jaya copot tanpa bisa dipasang lagi. HEBAT!. Sekarang laptop aku ompong dua.

Penasaran aku nyalain lagi si lepi dalam keadaan mengenaskan, ompong. Tadaa..... it works!. Keyboardnya nyala lagi. Main case closed. Tinggal nyari cara masangin dua tombol keyboard tadi. Yang setelah dibalik diputer diteken percaya sama aku seratus kali lipat lebih gampang masukin benang kedalem jarum atau belut deh kedalem  botol. Ini lobang-lobangnya super tiny duper kuper apalah. 

Aku nyerah, untuk saat ini. Nanti aja aku coba lagi kalo udah ademan. Daripada bete semaleman gara-gara hal prentelan kaya gitu. Aku mau mulai nulis aja, nyalain lagi lah itu lepi. WTF! Gak bisa lagi dong itu keyboard. Dan akhirnya aku maen mati-idup-mati-idup in lepi sampai si tombol keyboard berfungsi kembali. Yeayyy... aku menang!. 

Aku nulis. Kamu baca.

Aku bingung ini cara masangin tombolnya lagi gimana.

Next, kalo tombol keyboard laptop tidak berfungsi terjadi pada kalian atau siapapun jangan dulu ikutin saran si mbah, ikuti dulu saran saya yang sudah pasti based on true story. Kalian main mati-idup-mati-idup in lepi dan lihat siapa yang menang.

No comments:

Post a Comment