Wednesday, April 5, 2017

Bau Gendongan




Bau gendongan adalah istilah yang sering digunakan untuk bayi yang doyan digendong, kalo dilepasin dia nangis atau gak nyenyak tidur. Dari awal Kai lahir istilah itu sering disebut2 mamer, aku sih gak terlalu mikirin karena masih banyak hal baru depan mata yang lebih urgen kayak belajar menyusui, mandiin, ganti popok, pakein baju. Hal-hal basic. 

Setelah mulai tahu ritmenya menjadi ibu dan udah ditinggal mamer, otomatis harus ngurus Kai sendirian saat suami kerja. Baru deh kata bau gendongan mulai mengusik. 

Kenapa ampir semua orang ngomongin bau gendongan ini in negative way?
“Jangan digendong terus, nanti dia bau gendongan.”
“aku sih pengennya anak aku gak bau gendongan.”
“hemmm, udah bau gendongan nii jadi gak bisa lepas dari kita.”

Tiap denger komentar seperti itu, aku diem aja. Karena merasa gak ada yang salah dengan bayi yang digendong. Ada gak? Gak ada kan?

Kecuali satu orang yang aku denger beda pendapatnya. Dan aku langsung angguk2 setuju.
Ibu muda dua anak. Dia bilang,
“ya gak apa-apa anak maunya digendong terus. Itu kan quality time buat kita, orang tuanya. Nanti anaknya gedean (nunjuk anak sulungnya yang udah 3 tahunan) susah kita gendong. Justru sekarang selagi anaknya masih bayi bisa nempel terus sama kita.”
Bener juga. Aku langsung bayangin Kai udah lari sana sini susah mau dipelukin apalagi dicium mami papinya.  

Emang siiih ...
Kalau bau gendongannya Kai udah level dewa, bakal susah buat aku ngerjain kerjaan rumah. Bakal begadang sampe subuh. Bakal bagi-bagi shift sama suami, satu tidur satu gendong, gitu terus sampe dia bener2 nyenyak. Gak jarang nyenyaknya juga digendongan kita. Ya bisa-bisanya kita lah ngatur posisi biar bisa tidur barengan. Mau sambil dinenenin, mau lengan masih nempel di bawah pundak dia. Make sure dia selalu merasakan kehangatan tubuh kita. Karena ada samping dia aja gak cukup. Namanya jg bau gendongan, bukan bau kehadiran. Eng?

Yang jelas bau gendongan itu beda sama rewel. Sejauh ini Kai termasuk bayi yang tempramennya level easy. 

Terus satu pertanyaan besar aku.
Ada yah bayi yang gak bau gendongan? 

Karena menurut aku menggendong adalah salah satu bahasa cinta dari orangtua pada anaknya.
 
p.s. Kai lagi bau gendongan waktu aku nulis ini. :)

No comments:

Post a Comment